Setiap orang tentunya memiliki jenis rambut yang berbeda beda. Dengan jenis rambut yang berbeda pula dalam memilih sampo bukan hal yang mudah. Jika memilih sampo yang salah, maka bisa merusak rambut dengan mudah. Maka dari itu, dalam pemilihan sampo perlu dilakukan lebih selektif.

Melansir keimedika.com , pada dasarnya semua sampo memang mengandung bahan yang memiliki dua fungsi utama yaitu membersihkan dan melembutkan rambut. Selain itu, baebagai bahan ditambahkan dan disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala yang sesuai dengan sampo. Setiap orang memiliki tektur dan jenis yang berbeda, tidak semua sampo cocok untuk setiap jenis rambut. Berikut sampo yang cocok sesuai dengan jenis rambut:

"Ayo Kapan Menyusul" Anne Ratna Mustika Semringah Jawab Ucapan Dedi Mulyadi, Doakan Sang Mantan Halaman 4 Miris, Eks Kades Ini Ternyata Korupsi Rp 988 Dana Desa untuk 4 Kali Nikah dan Foya foya Hasil Survei Elektabilitas Bulan Desember, Capres Cawapres Terkuat di Jawa Timur, Jabar, dan Jateng Halaman all

SOSOK Mantan Kades yang Korupsi Dana Desa Rp988 juta, Istrinya 4 Anak 20, Hobinya Foya foya Dampak Boikot Produk Pro Israel, CEO Starbucks Minta Masyarakat Berhenti Demo Kedai Kopinya Halaman all Bila rambut anda adalah jenis yang kering, hal terpenting dan harus diingat adalah melembabkannya. Menjaga rambut kering memang tidak mudah, yang juga indikasi kerusakan pada rambut.

Selain itu, rambut kering juga berpotensi menjadi lemah, mudah pecah dan rentan kusut. Bila rambut yang kering, pertimbangkan untuk menggunakan sampo yang menghidrasi dan lembut. Menggunakan sampo yang menhidrasi bisa membantu mengkondisikan rambut dan meminimalkan rambut kusut. Ketika digunakan bersama dengan kondisioner pelembab, sampo untuk rambut kering bisa berfungsi lebih baik.

Jika rambut Anda kering, hindari sampo yang mengandung sulfat, karena bisa menghilangkan minyak alami pada rambut. Rambut berminyak disebabkan karena produksi sebum berlebih di kulit kepala. Hal ini membuat jenis rambut tersebut kerap disertai masalah lain aykni ketombe. Untuk mengurangi minyak dan ketombe di kulit kepala, gunakan sampo yang mengandung asam salisilat, selenium sulfida, zinc pyrithione atau ketoconazole.

Selain itu juga disarankan mencuci rambut setidaknya 1 kali sehari, terutama setelah rambut terasa berminyak dan berkeringat. Hindari kebiasaan terlalu sering mencuci rambut, dikarenakan memicu kelenjar minyak di kulit kepala memproduksi minyak sebul berlebih. Karena prosedur kimia yang digunakan pada rambut berwarna, maka membutuhkan perwatan khusus. Rambut yang diwarnai membutuhkan kelembaban yang lebih. Maka dari ity, rambut yang diwarnai sebaiknya keramas setiap dua hari sekali untuk mencegah kerusakan dan memudarnya warna. Bila rambut Anda diwarnai, pilihlah sampo yang bebas sulfat.

Sulfat mempercepat memudarnya warna rambut, dan sebaiknya pilih sampo yang mengandung senyawa pelindung warna seperti asam amino. Seringkali rmabut keriting lebih kering dan rentan kusut. Oleh karena itu, gunakan sampo dengan konsentrasi protein tinggi. Terdapat sampo yang dirancang untuk rambut keriting dan bisa memberikan nutrisi, juga menghidrasi akar. Dikarenakan rambut halus pada dasarnya halus, maka dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk kering. Tetapi rambut keing cenderung bervolume dan berubah menjadi berminyak.

Bila jenis rambut Anda halus, jauhi sampo krim dan pilih yang bervolume. Hindari sampo yang mengandung silikon, karena bisa membuat rambut menjadi lebih berat. Banyak orang memilih sampo karena promosi atau iklan dianggap meyakinkan dan bisa mengatasi masalah rambut. Faktanya, tidak ada sampo yang mengatasi masalah rambut secara instan. Sampo yang mengandung bahan kimia keras bisa menyebabkan minyak alami pada rambut terkelupas, sehingga rambut dan kulit kepala menjadi kering.

Pastikan sampo tidak mengandung bahan kimia tertentu speeti Formaldehyde, 1,4 dioxane, dan cocamide diethanolamine (cocamide DEA). Bahan kimia tersebut tergolong berbahaya dan bisa meningkatkan risiko kanker. Yang paling penting ialah membiasakan diri membaca komposisi sebelum membeli sampo. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

By admin

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *