Anak yang aktif bermain dan bergerak tentu tentu menunjukkan bahwa mereka dalam kondisi sehat. Kondisi itu juga menunjukkan perkembangan kognitif anak berkembang pesat. Anak juga mengenal banyak hal dan emosi anak pun terbentuk lebih positif.

Namun, selama bermain anak rentan mengalami memar hingga luka luka. Terkait hal ini, Dokter ahli, dr. Gia Pratama menyampaikan tindakan apa yang pertama kali harus dilakukan saat anak terluka. Pertama, harus disediakan antiseptik terutama kalau terjadi luka.

Anak Bernama Persib Satu Sembilan Tiga Tiga Viral, Berawal dari Nazar Orang Tua: Peri Pakai Huruf P Halaman all Viral Dugaan Pelecehan Seksual Anggota BEM UNY, Pelaku Mengaku Difitnah, Begini Kata Pihak Kampus Pelecehan Seksual Diduga Terjadi di Kampus Yogyakarta, Toilet Perempuan Direkam

Nasib Mahasiswa Unesa Pelaku Pelecehan Seksual Dilarang Ikut Perkuliahan Selama 1 Semester Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswi UNY, Pelaku Disebut Membantah hingga Kata Pihak Kampus DPRD Lampung Sesalkan Maraknya Kasus Pelecehan Seksual di Kampus

Dampak Boikot Produk Pro Israel, CEO Starbucks Minta Masyarakat Berhenti Demo Kedai Kopinya Halaman all "Pada luka, terjadi kerusakan pada kulit, jadi skin barier terbuka," tuturnya dalam konferensi pers Be The Unstoppable Family with Betadine di Jakarta Selatan, Kamis(13/7/2023). Skin barier adalah lapisan terluar kulit atau stratum korneum.

Dan jika itu terbuka, maka bakteri dan kuman dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Kalau sudah begitu, tubuh anak bisa terserang berbagai penyakit. "Kuman lebih gampang masuk. Itulah makanya butuh antiseptik. Membantu bakteri tidak masuk ke dalam tubuh," papar dr Gia.

Lebih lanjut, cara kedua adalah hindari anak alami infeksi pascaterluka. Menurut dr Gia, untuk menurunkan risiko infeksi adalah dengan meminimalisir jumlah paparan bakteri dan meningkatkan imunitas tubuh. "Bagaimana caranya? Cuma tiga. Nutrisi cukup, olahraga yang rutin, dan istirahat cukup. Dan itu peran orangtua penting menjaga rumus ini penting dilakukan," pungkasnya.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

By admin

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *